Skip to main content

[Konsultasi] Ingin Memulai Bisnis Counter Pulsa, Bagaimana Caranya?

Dari: Umay (25 tahun), di Bekasi

Saya gres mau memulai urusan ekonomi counter pulsa, bagaimana caranya ya?



bagaimana cara memulai urusan ekonomi counter pulsa yang bagus
Bagaimana cara memulai urusan ekonomi pulsa? / via Pixabay


Jawaban kami:

Bisnis counter pulsa merupakan salah satu urusan ekonomi paling menjanjikan di jaman sekarang. Tak hanya jualan pulsa, urusan ekonomi tersebut juga bisa dikombinasikan dengan jualan kouta internet, jual-beli hp bekas, atau sekalian jualan aksesoris gadget. Semua tergantung permodalan yang anda miliki, serta pangsa pasar di kawasan tempat tinggal anda.

Menyikapi pertanyaan anda yakni: "Bagaimana cara memulai urusan ekonomi counter pulsa?" Maka di sini admin akan memaparkan saran/masukan untuk anda.

Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan dan lakukan -- dalam memulai urusan ekonomi counter pulsa, diantaranya:


1. Siapkan modal awal

Dalam urusan ekonomi -- apapun itu -- modal selalu memegang peranan penting (meski bukan yang utama). Begitu pula kalau anda ingin membangun urusan ekonomi counter pulsa yang sudah anda rencanakan.

Semakin banyak modal yang anda miliki, maka semakin bagus (start) urusan ekonomi yang anda jalankan. Karena hal itu akan berkaitan dengan tempat perjuangan anda, pembelian peralatan, dan lain-lain.

Untuk hal teknis rincian permodalan, bisa anda cari tahu di Google -- dengan kata kunci "berapa modal awal memulai urusan ekonomi counter pulsa?" Nanti ada banyak tanggapan yang lengkap dan terperinci mengenai permodalan yang harus anda miliki dalam memulai urusan ekonomi tersebut.


2. Siapkan tempat usaha

Tempat perjuangan memegang peranan penting dalam urusan ekonomi pulsa yang anda jalankan. Semakin strategis tempat perjuangan anda, maka semakin bagus penjualan yang anda dapatkan.

Berkenaan dengan tempat usaha, berdasarkan riset admin -- counter pulsa yang laris berada di samping jalan yang ramai. Selain itu, perlu disediakan juga 'slot' untuk orang menaruh sepeda motor dikala orang-orang membeli pulsa / kuota internet di tempat anda. Tujuannya semoga tidak menimbulkan kemacetan.

Untuk tempat usaha, mungkin bisa anda coba dengan menyewa tempat terlebih dahulu. Lakukan test the water, atau uji coba pasar -- dengan menyewa tempat 1-3 bulan terlebih dahulu (dengan opsi perpanjangan sewa apabila perjuangan anda laris). Apabila perjuangan anda sepi, segeralah berpindah di tempat lain yang lebih potensial dan minim pesaing.


3. Siapkan peralatan perjuangan anda

Selain tempat usaha, peralatan perjuangan juga penting dalam menjalankan urusan ekonomi counter pulsa anda. Contoh peralatan yang anda siapkan menyerupai beberapa HP (untuk mengisi pulsa), meja beling (untuk memajang kartu perdana dan voucher isi ulang), beberapa kursi, dan lain sebagainya.

Untuk lebih detailnya, silahkan anda cari di Google dengan kata kunci "peralatan dan perlengkapan untuk urusan ekonomi counter pulsa". Nanti anda akan menerima rincian peralatan dan perlengkapan yang harus anda sediakan dalam menjalankan urusan ekonomi ini.


4. Survey harga dari kompetitor anda

Untuk pangsa pasar, sudah tidak diragukan lagi kalau urusan ekonomi pulsa memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Jadi, yang harus anda survey dan riset ialah kompetitor anda, serta harga jual pulsa / kuota yang mereka pasang.

Lakukan survey kecil-kecilan dengan membeli pulsa di tempat perjuangan kompetitor anda -- sekalian melihat daftar harga yang mereka pasang. Selebihnya, anda harus menyesuaikan harga jual pulsa / kuota internet di tempat anda. Ingat, jangan hingga anda menjual dengan harga yang lebih mahal dari kompetitor anda.


5. Jangan lupa untuk mengutamakan pelayanan

Ketika persaingan harga sudah sangat kompetitif, maka ada hal yang harus anda benahi -- terutama dalam hal pelayanan terhadap pembeli. Dengan pelayanan yang baik, pembeli anda akan berpotensi 'menjelma' menjadi pelanggan anda.

Admin sudah pernah membandingkan pelayanan di counter A dan counter B di erat tempat tinggal admin, di mana owner counter A sangat ramah -- sedangkan owner counter B agak judes dan pelit senyum. Imbasnya, admin pun langganan beli pulsa dan kuota internet di counter A, alasannya ialah salut akan keramahan sang owner.


Baca juga:



Beberapa hal yang harus anda hindari dalam menjalankan urusan ekonomi counter pulsa

Apabila hal-hal di atas sudah anda persiapkan dan lakukan, ada lagi beberapa hal yang harus anda hindari dalam menjalankan urusan ekonomi pulsa anda. Apabila anda melaksanakan 2 kesalahan fatal di bawah ini, dijamin perjuangan anda akan cepat bangkrut.

Adapun 2 kesalahan fatal tersebut meliputi:


1. Membiarkan orang lain beli pulsa dengan berhutang (ngebon)

Sebuah kesalahan yang sangat fatal apabila anda menunjukkan kesempatan orang lain membeli pulsa dengan berhutang (ngebon). Anda harus tegas di awal, alasannya ialah apabila hal itu dibiarkan -- maka akan terjadi terus-menerus.

Anda harus berani mengatakan TIDAK bagi mereka yang ingin ngebon. Kalau perlu sertakan goresan pena besar "Maaf tidak bisa ngebon" di meja counter anda.

Mungkin akan sulit menghindari mereka yang mau ngebon, apalagi orang-orang erat menyerupai sobat atau tetangga anda. Usahakan semoga menolak secara halus, semoga mereka tidak tersinggung.

Apabila anda sungkan dalam menolak orang yang mau berhutang, maka menagihnya pun pasti lebih sungkan -- apalagi kalau nominal hutangnya kecil (misalnya Rp 5.000). Ujung-ujungnya semuanya akan 'direlakan' seiring berjalannya waktu, dan itu terang merugikan urusan ekonomi anda.

Note: Pengecualian, apabila orang yang membutuhkan pulsa dalam keadaan mendesak, maka anda 'terpaksa' menjual pulsa dibayar belakangan.


2. Terlalu besar dalam mengambil keuntungan

Dalam berjualan pulsa, mengambil keuntungan yang besar (di atas harga pasar) sangatlah tidak baik. Sifat penjualan pulsa ialah dalam hal volume penjualan, dan penjualan terus-menerus (upsell). Jadi, untung/laba sedikit namun volume penjualan besar justru lebih baik ketimbang untung besar -- namun orang jera membeli untuk selanjutnya. Selain itu, persaingan urusan ekonomi pulsa sangatlah ketat. Alhasil, faktor harga menjadi penentu siapa yang bisa bertahan dalam urusan ekonomi ini.


Baca juga:



Itulah beliau sedikit pencerahan untuk permasalahan urusan ekonomi yang sedang anda hadapi. Semoga bermanfaat, dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar!


Baca juga:



Comments

Popular posts from this blog

Fix Couldn't Place Call issue on WhatsApp Video Calling

We were waiting for video calling feature on WhatsApp and when it’s finally arrived at our android and iOS device. We are facing duduk perkara to connect the video call with an error message “couldn’t place call”.  Now some people think because this message also shows that you don’t have video call supported device so you can’ video call. It is not true every phone which has front facing camera can do video calling. Then why this issue become a headache for us how we are not able to connect the video call on WhatsApp? Don’t worry guys I will explain it to you in a very simple manner and give you the solution. So let’s get started. Fix couldn’t call issue on WhatsApp video calling Many WhatsApp users facing this duduk perkara and they fail to resolve the issue. Reasons are many but the solution is very simple. Whatsapp version Finally, video calling feature rolled out to WhatsApp version 2.16.316 and higher. But the video calling feature will only work with the beta version o

How To Download Youtube Videos Without Any Third Party App

We All Watch Videos But when it comes to watching Online Videos the commencement cite comes inwards our heed is Youtube. inwards this postal service I am going to demo yous that how tin yous download Youtube videos without whatever 3rd political party software. Youtube is the Largest Video Search Engine inwards the globe in addition to Second Largest Search Engine of whatever type subsequently Google. See Also: Hide Videos of Android Without Any Third Party App. Youtube Started its services on 14th February 2005 since in addition to then its grew upwardly in addition to straightaway it ranks every mo the iii nearly visited sites inwards the world. Youtube gives us facility to spotter videos Online alone every mo it is an online streaming website, user tin see the site in addition to search for the video they would similar to meet in addition to tin spotter that video online. but inwards today’s postal service I am going to say yous that how tin yous download Youtube

How to Register UPI App to Transfer & Receive Money [Step by Step]

UPI means unified payment interface. It’s a new way of transferring and receiving money directly into your bank account instantly. It is like IMPS (Immediate Payment Service) but with new and simple user interface. Every transaction is as simple as sending an email and best thing is you don’t need to add payee details like Full name, Bank name, IFSC code, Account number, MMID etc. For sending and receiving payment you can use any Indian bank UPI app with a unique username called VPA (Virtual Payment Address). For example username@pnb, username2@sbi though you can also use Aadhaar number to receive payment and other old methods like Account number and IFSC code, MMID and mobile number. What is exactly Virtual Payment Address (VPA) In UPI payment system you create a unique username like a unique email id for your bank account such as username@sbi . So whenever you want to receive payment you just give your unique id and that's it, and this unique id known as virtual payment