Skip to main content

Ingin Jualan Laris di Bulan Puasa? Ikuti Tahapan-Tahapan Berikut ini!

Onlenpedia.com | Berkah di bulan rahmat memang tak dapat dipungkiri, tak terkecuali berkah rezeki. Biasanya selain berlomba-lomba menjalankan ibadah, orang-orang juga akan berlomba-lomba 'memanen' rezeki di bulan tersebut.

Bagi anda yang ingin merasakan berkah rezeki di bulan Ramadhan, sekarang-lah saatnya anda untuk memulai jualan produk yang laris di bulan tersebut. Namun perlu langkah-langkah yang sempurna supaya jualan anda bisa laris di bulan puasa, dan penjelasannya akan kami uraikan di bawah ini.


cara supaya jualan laris di bulan rahmat ramadhan tahapan
Jualan laris di bulan puasa, caranya? / via Pixabay


Sama halnya menyerupai menjual produk di bulan lainnya, menjual produk di bulan rahmat juga perlu cara yang sempurna supaya jualan bisa laris. Berikut ini akan kami paparkan 5 tahapan yang dilakukan supaya jualan anda bisa laris di bulan puasa, yaitu:


1. Tentukan produk yang paling tepat

Pertama-tama, tentukanlah produk yang sempurna alias cocok dijual di bulan puasa. Biasanya produk yang dijual adalah, yang bisa mengakomodir kebutuhan orang-orang ketika menunaikan ibadah puasa. Kami menyarankan produk yang anda jual ialah makanan dan minuman.

Menurut pengamatan kami, perjuangan yang paling laris di bulan rahmat ialah jualan aneka es buah disertai kue-kue basah. Jadi, untuk tumpuan produk yang dijual di bulan rahmat kali ini ialah wacana jualan es buah + kue-kue basah.

Langkah-langkah selanjutnya akan dipaparkan di bawah ini.


2. Ekperimen dengan kualitas produk

Kualitas produk yang dijual menentukan terhadap kepuasan konsumen. Apabila konsumen menyukai produk anda, maka mereka tidak hanya membeli sekali saja -- melainkan berkali-kali. Selain itu, mereka juga berpotensi merekomendasikan produk yang anda jual kepada kerabat dan teman-teman mereka.

Untuk tumpuan yang kita gunakan di sini -- yakni jualan es buah dan kue-kue basah, maka anda harus tahu resep membuat minuman dan makanan tersebut.

Di jaman internet menyerupai sekarang, banyak info bertebaran -- termasuk resep makanan dan minuman. Carilah resep wacana aneka es buah dan aneka kudapan manis lembap di Google, dan akan tersedia beberapa situs yang menyediakan resep-resep tersebut. Cobalah resep dari situs yang terkemuka di bidang masakan (misalnya: Cookpad) kemudian segera praktekkan.

Anda tidak harus mengikuti resep secara 'baku' sesuai dengan yang tertera di situs tersebut. Anda bisa melaksanakan 'eksperimen' dengan menambah bahan-bahan tertentu supaya hasilnya semakin bagus. Kemudian, anda harus mencoba dan mencoba (trial and error) hingga menemukan 'rasa' yang benar-benar tepat.

Apabila anda sudah menemukan 'rasa' yang tepat, silahkan 'ujicoba' es buah dan kudapan manis lembap buatan anda dengan meminta kerabat atau sobat anda untuk mencicipinya. Apabila sudah baiklah dan secara umum dikuasai sobat anda menyukainya, maka anda pun sudah siap untuk menjual es buah dan kudapan manis lembap buatan anda ke konsumen.


3. Menentukan harga yang paling kompetitif

Masalah harga merupakan hal krusial dalam persaingan bisnis. Dengan mempertimbangkan karakteristik secara umum dikuasai masyarakat Indonesia yang menyukai barang-barang dengan harga murah, maka anda harus bisa menyesuaikannya -- yakni menetapkan harga yang kompetitif.

Guna menerima harga yang kompetitif, anda harus mencari materi baku di daerah yang paling murah. Semakin murah harga materi baku yang anda beli, maka semakin kompetitif harga jual produk anda.

Selanjutnya setelah harga anda tetapkan, jangan lupa untuk menuliskan harganya di lapak anda. Misalnya, untuk aneka es buah anda tulis 'serba Rp 8.000,-' dan untuk aneka kudapan manis lembap anda tulis 'serba Rp 10.000 / potong'.

Tujuannya apa?

Tujuannya supaya pembeli mengetahui harga produk yang anda jual, dan tidak merasa 'takut kerampokan' (karena harga sudah dituliskan).

Berdasarkan pengalaman admin, admin pernah membeli es buah yang tak ada goresan pena harganya. Setelah es buah dibungkus dan admin menanyakan harganya, admin pun kecewa sebab harganya jauh di atas 'harga pasaran' es buah di daerah admin. Admin pun balasannya harus rela merogoh kocek untuk es buah yang 'agak mahal' itu.


4. Lokasi ialah 'penentu sesungguhnya'

Apalah artinya menjual es buah + kudapan manis lembap dengan rasa yang enak dan murah -- tapi lokasinya kurang strategis? Maka semua akan sia-sia saja.

Ketahuilah, lokasi yang strategis alias dilihat banyak orang -- merupakan 'penentu sesungguhnya' dalam larisnya jualan anda. Maka dari itu, carilah lokasi yang strategis, kalau bisa dipinggir jalan besar yang banyak orang lalu-lalang. Kalau perlu, anda harus merogoh kocek untuk menyewa daerah -- sebab jualan es buah + kudapan manis lembap di bulan rahmat dijamin pasti laris (kalau tempatnya strategis). Jadi, biaya sewa akan tertutupi oleh hasil penjualan anda.


5. Kecepatan penyajian harus diperhatikan

Kualitas rasa sudah oke, harga sangat bersahabat, dan lokasi cukup strategis, maka sekarang tinggal 'melatih' kecepatan anda dalam pembungkusan es buah dan kue-kue yang anda jual.

Berdasarkan pengamatan admin, lapak jualan es buah dan kudapan manis lembap di bulan Puasa selalu 'dikerubuti' banyak orang. Bisa dibilang, pembeli harus mengantri demi membeli es buah dan kudapan manis berbuka puasa tersebut, meskipun mereka dalam keadaan berpuasa.

Yang namanya berpuasa, mungkin saja ada pembeli yang bete, kecewa, marah, dan badmod -- lantaran harus lama mengantri. Maka dari itu, anda sebagai penjual yang baik harus mengutamakan pelayanan, dalam hal ini yaitu kecepatan pembungkusan produk yang anda jual. Semakin cepat dan sigap anda melakukannya, maka pembeli tak harus 'antri berjam-jam' hanya untuk membeli es buah atau kudapan manis basah. Dan anda akan dikenal dan 'ditandai' sebagai penjual yang cekatan dan sigap. Tentu ini nilai plus bagi anda, apalagi kalau penjual lain lebih 'lelet' dari anda dalam hal pelayanan.


Baca juga:



Berkah rezeki di bulan rahmat merupakan berkah yang melimpah. Sangat disayangkan kalau anda melewatkan momen untuk jualan di bulan tersebut. Dijamin, jualan anda akan laris -- asalkan menerapkan tahapan-tahapan yang dijelaskan di atas.

Meskipun anda ingin 'memanen' rezeki di bulan puasa, jangan lupa juga untuk memperbanyak ibadah anda. Apalah artinya dapat uang yang banyak kalau tidak diimbangi dengan ibadah yang banyak pula -- sebab uang tidak akan dibawa mati.

Setuju?


Comments

Popular posts from this blog

Fix Couldn't Place Call issue on WhatsApp Video Calling

We were waiting for video calling feature on WhatsApp and when it’s finally arrived at our android and iOS device. We are facing duduk perkara to connect the video call with an error message “couldn’t place call”.  Now some people think because this message also shows that you don’t have video call supported device so you can’ video call. It is not true every phone which has front facing camera can do video calling. Then why this issue become a headache for us how we are not able to connect the video call on WhatsApp? Don’t worry guys I will explain it to you in a very simple manner and give you the solution. So let’s get started. Fix couldn’t call issue on WhatsApp video calling Many WhatsApp users facing this duduk perkara and they fail to resolve the issue. Reasons are many but the solution is very simple. Whatsapp version Finally, video calling feature rolled out to WhatsApp version 2.16.316 and higher. But the video calling feature will only work with the beta version o

How To Download Youtube Videos Without Any Third Party App

We All Watch Videos But when it comes to watching Online Videos the commencement cite comes inwards our heed is Youtube. inwards this postal service I am going to demo yous that how tin yous download Youtube videos without whatever 3rd political party software. Youtube is the Largest Video Search Engine inwards the globe in addition to Second Largest Search Engine of whatever type subsequently Google. See Also: Hide Videos of Android Without Any Third Party App. Youtube Started its services on 14th February 2005 since in addition to then its grew upwardly in addition to straightaway it ranks every mo the iii nearly visited sites inwards the world. Youtube gives us facility to spotter videos Online alone every mo it is an online streaming website, user tin see the site in addition to search for the video they would similar to meet in addition to tin spotter that video online. but inwards today’s postal service I am going to say yous that how tin yous download Youtube

How to Register UPI App to Transfer & Receive Money [Step by Step]

UPI means unified payment interface. It’s a new way of transferring and receiving money directly into your bank account instantly. It is like IMPS (Immediate Payment Service) but with new and simple user interface. Every transaction is as simple as sending an email and best thing is you don’t need to add payee details like Full name, Bank name, IFSC code, Account number, MMID etc. For sending and receiving payment you can use any Indian bank UPI app with a unique username called VPA (Virtual Payment Address). For example username@pnb, username2@sbi though you can also use Aadhaar number to receive payment and other old methods like Account number and IFSC code, MMID and mobile number. What is exactly Virtual Payment Address (VPA) In UPI payment system you create a unique username like a unique email id for your bank account such as username@sbi . So whenever you want to receive payment you just give your unique id and that's it, and this unique id known as virtual payment